Segmentasi, Targeting dan Positioning
1.
Segmentasi
a.
Bagi
pemasaran konsumen, variable segmentasi utama adalah unsur:
1)
Geografis,
meliputi: wilayah malang kota lingkungan kampus/ lingkungan pendidikan, yakni sekitar
area kampus, UIN MALIKI MALANG, UNIBRAW, UM, UMM, UNISMA ITN, UNIGA, UNMER dll.
2)
Demografis,
meliputi: Usia -+ 18-24, jenis kelamin: laki-laki dan permpuan, ukuran keluarga
dan siklus hidup keluarga: menyesuaikan, pendapatan dan pekerjaan: mempunyai
pekerjaan tetap dan pendapatan: standar/ mencukupi, pendidikan: sedang menempuh
D3, S1, S2, S3 (berstatus: Mahasiswa), agama, ras dn kebangsaan (umum).
3)
Psikografik,
meliputi: kelas social: umum, gaya hidup: sehat dan hemat, karakteristik
kepribadian.
4)
Perilaku,
meliputi: kelompok berdasarkan pengetahuan: konsumen yang memiliki pengetahuan
akan produk catering harian mahasiswa, sikap: jujur, penggunaan: kontinyu,
respon konsumen: menerima dengan baik, kesetiaan dan pelayanan terhadap suatu
jasa: loyalitas pelanggan yang merasa puas atas layanan yang diberikan oleh
catering mahasiswa.
b.
Pasar
Bisnis
1)
Demografi
konsumen bisnis: Usaha Rumahan (Home made)
2)
Karakteristik
operasi:
3)
Pendekatan
pembelian:
4)
Faktor
situasional:
5)
Karakterisik
pribadi:
2.
Targeting
Untuk menargetkan segmen pasar terbalik, mula-mula perusahaan
mengevaluasi masing-masing:
a.
Ukuran
segmen dan karakteristik pertumbuhan: Ukuran segmen yang sempit dan pertumbuhan
yang cukup signifikan.
b.
Daya
tarik structural.
c.
Kesesuaian
dengan tujuan dan sumber daya perusahaan: Tujuan Untuk memenuhi kebutuhan makan
bagi mahasiswa maka dengan beragam selera makanan mahasiswa, karakteristik dan
pemesanan dari mahasiswa maka perusahaan menyediakan sumber daya manusia yang
tercukupi dan berkompeten dan ahli dibidangnya. Dan sumber daya kebutuhan
pangan yang hygenis, segar, dan terckupi.
d.
Perusahaan
memilih strategi penetapan sasaran pasa yang sempit namun berpeluang meluas.
Dalam menentukanan target catering harian mahasiswa ini termasuk
dalam pola product specialization of single segmen concentration yaitu
perusahaan dapat memilih satu segmen saja. Perusahaan lebih bisa mencapai
posisi yang kat disatu segmen, dengan pengetahuan yang baik terhadap keubutuha
segmen sehingga bisa diperoleh keuntungan. Dan market specialization yaitu
perusahaan berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dalam kelompk tertentu.
Dalam hal ini catering harian mahasiswa menyediakan banyak menu pilihan dengan
segmen mahasiswa.
3.
Positioning
Kriteria Positioning
a.
Kajian
terhadap konsumen: memusakan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan makan bagi
mahasiswa dengan Mengutamakan Rasa, kebersihan dan kesehatan, layanan catering segar, Harga kantong mahasiswa, Pelayanan
yang cepat, Banyak pilihan menu. Dengan kriteria tersebut
maka konsumen memperoleh asupan gizi yang baik, menghemat waktu dan tidak bosan
dengan pilihan menu yang ada
b.
Kajian
kapabilitas perusahaan: lokasi strategis, sumberdaya manusia yang berkompeten
dan ahli dibidangnya,
c.
Kajian
pada pesaing: jika banyak warung makan yang berdiri disekitar kampus dengan
menuyang kurang sehat dan hygenis dan pelayanan yang kurang memuaskan dan harga
yang terbilanh cukup mahal, catering harian mahasiswa hadir dengan memenuhi
kebutuhan makan mahasiwa untuk mahasiswa yang sibuk dan kurang memperhatikan
asupan gizi dalam makanan yang dikonsumsinya dan harus menunggu lama/ antri
jika mau makan di warung makan/ rumah makan, maka catering harian mahasiswa
meneydiakan layanan catering dengan mengutamakan rasa, kebersihan dan kesehatan, layanan catering segar, harga kantong mahasiswa, pelayanan yang cepat,
dan banyak pilihan menu.
Kajian
terhadapperubahan yang terjadi alam lingkungan bisnis: selalu adaptasi terhadap
lingkungan bisnis namun tetap relevan dengan tujuan dan manfaat sehingga usaha
tetap dilanjutkan.







0 komentar:
Posting Komentar