Selasa, 09 Juni 2015

BAB VI Segmentasi, Targeting dan Positioning

Segmentasi, Targeting dan Positioning

1.    Segmentasi
a.    Bagi pemasaran konsumen, variable segmentasi utama adalah unsur:
1)   Geografis, meliputi: wilayah malang kota lingkungan kampus/ lingkungan pendidikan, yakni sekitar area kampus, UIN MALIKI MALANG, UNIBRAW, UM, UMM, UNISMA ITN, UNIGA, UNMER dll.
2)   Demografis, meliputi: Usia -+ 18-24, jenis kelamin: laki-laki dan permpuan, ukuran keluarga dan siklus hidup keluarga: menyesuaikan, pendapatan dan pekerjaan: mempunyai pekerjaan tetap dan pendapatan: standar/ mencukupi, pendidikan: sedang menempuh D3, S1, S2, S3 (berstatus: Mahasiswa), agama, ras dn kebangsaan (umum).
3)   Psikografik, meliputi: kelas social: umum, gaya hidup: sehat dan hemat, karakteristik kepribadian.
4)   Perilaku, meliputi: kelompok berdasarkan pengetahuan: konsumen yang memiliki pengetahuan akan produk catering harian mahasiswa, sikap: jujur, penggunaan: kontinyu, respon konsumen: menerima dengan baik, kesetiaan dan pelayanan terhadap suatu jasa: loyalitas pelanggan yang merasa puas atas layanan yang diberikan oleh catering mahasiswa.
b.    Pasar Bisnis
1)   Demografi konsumen bisnis: Usaha Rumahan (Home made)
2)   Karakteristik operasi:
3)   Pendekatan pembelian:
4)   Faktor situasional:
5)   Karakterisik pribadi:
2.    Targeting
Untuk menargetkan segmen pasar terbalik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing:
a.    Ukuran segmen dan karakteristik pertumbuhan: Ukuran segmen yang sempit dan pertumbuhan yang cukup signifikan.
b.    Daya tarik structural.
c.    Kesesuaian dengan tujuan dan sumber daya perusahaan: Tujuan Untuk memenuhi kebutuhan makan bagi mahasiswa maka dengan beragam selera makanan mahasiswa, karakteristik dan pemesanan dari mahasiswa maka perusahaan menyediakan sumber daya manusia yang tercukupi dan berkompeten dan ahli dibidangnya. Dan sumber daya kebutuhan pangan yang hygenis, segar, dan terckupi.
d.   Perusahaan memilih strategi penetapan sasaran pasa yang sempit namun berpeluang meluas.
Dalam menentukanan target catering harian mahasiswa ini termasuk dalam pola product specialization of single segmen concentration yaitu perusahaan dapat memilih satu segmen saja. Perusahaan lebih bisa mencapai posisi yang kat disatu segmen, dengan pengetahuan yang baik terhadap keubutuha segmen sehingga bisa diperoleh keuntungan. Dan market specialization yaitu perusahaan berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dalam kelompk tertentu. Dalam hal ini catering harian mahasiswa menyediakan banyak menu pilihan dengan segmen mahasiswa.
3.    Positioning
Kriteria Positioning
a.         Kajian terhadap konsumen: memusakan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan makan bagi mahasiswa dengan Mengutamakan Rasa, kebersihan dan kesehatan, layanan catering segar, Harga kantong mahasiswa, Pelayanan yang cepat, Banyak pilihan menu. Dengan kriteria tersebut maka konsumen memperoleh asupan gizi yang baik, menghemat waktu dan tidak bosan dengan pilihan menu yang ada
b.        Kajian kapabilitas perusahaan: lokasi strategis, sumberdaya manusia yang berkompeten dan ahli dibidangnya,
c.         Kajian pada pesaing: jika banyak warung makan yang berdiri disekitar kampus dengan menuyang kurang sehat dan hygenis dan pelayanan yang kurang memuaskan dan harga yang terbilanh cukup mahal, catering harian mahasiswa hadir dengan memenuhi kebutuhan makan mahasiwa untuk mahasiswa yang sibuk dan kurang memperhatikan asupan gizi dalam makanan yang dikonsumsinya dan harus menunggu lama/ antri jika mau makan di warung makan/ rumah makan, maka catering harian mahasiswa meneydiakan layanan catering dengan mengutamakan rasa, kebersihan dan kesehatan, layanan catering segar, harga kantong mahasiswa, pelayanan yang cepat, dan banyak pilihan menu.
Kajian terhadapperubahan yang terjadi alam lingkungan bisnis: selalu adaptasi terhadap lingkungan bisnis namun tetap relevan dengan tujuan dan manfaat sehingga usaha tetap dilanjutkan.

0 komentar:

Posting Komentar