Selasa, 09 Juni 2015

BAB X Bauran Pemasaran (Promosi)

Bauran Promosi

1.    Penerapan Strategi Pomosi
Guna memberikan gambaran yang yang jelas tentang strategi promosi jasa, berikut akan kita ulas strategi promosi yang diterapkan oleh catering harian mahasiswa “dapur omahan ini”. Keputusan bauran promosi yang dilaksanakan oleh catering harian mahasiswa “dapur omahan ini” yaitu Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, Hubungan Masyarakat, Informasi dari mulut ke mulut, dan pemasaran langsung.
Promosi penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudka untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjual akhirnya. Seperti menyebarkan phamflet atau brosur di lingkungan kampus.
Hubungan Masyarakat merupakan kiat pemasaran penting lainnya,di mana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan public yang lebih besar.
Program Humas yang dilakukan oleh catering harian mahasiswa “dapur omahan ini” meliputi Memsponsori beberapa acara mahasiswa yang telah menggunakan jasa ini (seperti memesan catering untuk seminar, worksop, anniversary dsb).
Informasi dari mulut ke mulut, dlam hal ini peranan orang sangat peting dalam mempromosikan jasa. Pelangggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Dengan kata lain pelanggan tersebut akan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannya dalam menerima jasa tersebut. catering harian mahasiswa dengan mengutamakan pelayanan terbaik dari sisi menu dan rasa dengan mempertimbangkan kesegaran, kebersihan, nilai gizi, dan kehalalan, karena yang merasakan semua itu adalah konsumen maka apabila konsumen merasakan kepuasan dari pelayanan yang diberikan diharapkan/hendaknya melakukan rekomendasi kepada orang sekitarnya sehingga terjadilah informasi dari mulut ke mulut.
Pemasaran langsung, pemsaran langsung merupakan unnsur terakhir dalam bauran komuniikasi dan promosi terdapat area dari pemasaran langsung yang digunakan oleh catering harian mahasiswa “dapur omahan ini” yaitu digital marketing, yang mana pemsaran yang dilakukan melalui social media maupun web, dari media-media tersebut maka sebagai jasa catering harian mahasiswa dapat melakukan direct selling dengan dapat memesan melalui social media atau web. Selain itu juga dpat dilakukan direct respon dengan menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen melalui social media ataupun web.

0 komentar:

Posting Komentar