Bauran Promosi
1.
Penerapan
Strategi Pomosi
Guna memberikan gambaran yang yang jelas tentang strategi promosi
jasa, berikut akan kita ulas strategi promosi yang diterapkan oleh catering
harian mahasiswa “dapur omahan ini”. Keputusan bauran promosi yang dilaksanakan
oleh catering harian mahasiswa “dapur omahan ini” yaitu Promosi Penjualan,
Pemasaran Langsung, Hubungan Masyarakat, Informasi dari mulut ke mulut, dan
pemasaran langsung.
Promosi penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudka untuk
meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjual akhirnya.
Seperti menyebarkan phamflet atau brosur di lingkungan kampus.
Hubungan Masyarakat merupakan kiat pemasaran penting lainnya,di
mana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan
penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan public yang
lebih besar.
Program Humas yang dilakukan oleh catering harian mahasiswa “dapur
omahan ini” meliputi Memsponsori beberapa acara mahasiswa yang telah
menggunakan jasa ini (seperti memesan catering untuk seminar, worksop,
anniversary dsb).
Informasi dari mulut ke mulut, dlam hal ini peranan orang sangat
peting dalam mempromosikan jasa. Pelangggan sangat dekat dengan penyampaian
jasa. Dengan kata lain pelanggan tersebut akan berbicara kepada pelanggan lain
yang berpotensial tentang pengalamannya dalam menerima jasa tersebut. catering
harian mahasiswa dengan mengutamakan pelayanan terbaik dari sisi menu dan rasa
dengan mempertimbangkan kesegaran, kebersihan, nilai gizi, dan kehalalan,
karena yang merasakan semua itu adalah konsumen maka apabila konsumen merasakan
kepuasan dari pelayanan yang diberikan diharapkan/hendaknya melakukan
rekomendasi kepada orang sekitarnya sehingga terjadilah informasi dari mulut ke
mulut.
Pemasaran
langsung, pemsaran langsung merupakan unnsur terakhir dalam bauran komuniikasi
dan promosi terdapat area dari pemasaran langsung yang digunakan oleh catering
harian mahasiswa “dapur omahan ini” yaitu digital marketing, yang mana pemsaran
yang dilakukan melalui social media maupun web, dari media-media tersebut maka
sebagai jasa catering harian mahasiswa dapat melakukan direct selling dengan
dapat memesan melalui social media atau web. Selain itu juga dpat dilakukan
direct respon dengan menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen melalui
social media ataupun web.







0 komentar:
Posting Komentar