Selasa, 09 Juni 2015

BAB XIV Dimensi kualitas jasa (SERVQUAL)

      Dimensi kualitas jasa (SERVQUAL)

Dalam salah sat studi mengenai Servqual oleh Parasuraman (1988)yang melibatkan 800 pelanggan (yang terbagi dalam 4 perusahaan) berusia 25 tahun ke atas, disimpulkan bahwa terdapat lima dimensi SERVQUAL. Sebagai berikut (Parasuraman, dkk, 1998).
     1.      Berwujud (tangible), yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada pihak eksternal.
Penampilan dan kemampuan sarana dan prasarana Catering Harian mahasiwa yaitu berupa gedung yang cukup luas untuk dapur/ tempat produksi tempat pemesanan dan juga gudang, perlengkapan dan peralatan yang memadai dengan menggunakan teknologi yang bagus, penanmpilan pegawai yang rapi, disiplin, dan ahli dalam bidangnya.
   2.      Keandalan (reliability), yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.
Memberikan pelayanan yang tebaik dengan mengantarkan catering tepat waktu sesuai pada jam makan dan sesuai pesanan paketnya
   3.      Ketanggapan (resposiveness), yaitu suatu kebijakan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas.
Ketanggapan dalam menerima pesanan catering  dari konsumen dan segera memprosesnya.
    4.      Jaminan dan kepastian (asurance), yaitu pengetahuan , kesopaansantunan, dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada perusahaan.
Dalam hal ini karyawan kami ahli dibidangnya masing-masing dan memenggang prinsip dalam menghadapi pelanggan hendaknya tersenyum, mengucapkan salam dan sapa, sopan dan informative kepada pelanggan.
   5.      Empati (empathy), yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan perupaya memahami keinginan konsumen.

Dalam bentuk empati ini catering harian mahasiswa memberi kualifikasi pada pemesanan paket tertentu Jika anda alergi atau tidak menyukai makanan tertentu harap disampaikan kepada kami. Misal apabila anda tidak suka ikan atau diet daging, tidak suka pedas dll. Jika ada pembatalan karena tidak berada ditempat harap segara menghubungi kami untuk pembatalan pengiriman maksimal 5 jam sebelum jadwal diantar.

0 komentar:

Posting Komentar